Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia


Hapeindo.ID - Apa kabar sobat hape? Di kala pandemi COVID-19 seperti ini semoga sobat hape dalam keadaan sehat ya. Ngomong-ngomong soal pandemi, tahukah sobat hape kalau dampak COVID-19 ini juga menyerang pemasaran smartphone di Indonesia? Nah, ternyata dampaknya lumayan besar juga loh. Survei yang dilakukan oleh lembaga IDC (Internetional Data Corporation) melaporkan bahwasanya penjualan smartphone di Indonesia pada kuartal pertama 2020 menurun sebanyak -7.3% dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, ternyata persaingan antar vendor smartphone kerap berkompetisi dengan sengit, dan ini ditunjukkan oleh masing-masing vendor yang meluncurkan produk terbaru unggulan mereka. Nah sobat hape, kali ini hape.id akan menyajikan info seputar 5 vendor smartphone dengan penjualan terlaris di Indonesia tahun 2020.

1. SAMSUNG

 

Pada kuartal kedua 2020, penjualan smartphone Samsung di pasar Indonesia sempat menurun dan dikalahkan oleh beberapa vendor lainnya yang berasal dari China. Namun, performa penjualan Samsung terlihat kembali meningkat pesat pada kuartal ketiga. Salah satu analis lembaga survei Canalys yaitu Shengtao Jin mengatakan, "Samsung menderita di Q2 karena ketergantungannya pada ritel offline, tetapi di Q3 mengalami pemulihan besar."

Ternyata kunci suksesnya berada di teknik marketing online karena protokol umum pandemi yang mewajibkan social distancing. Peningkatan penjualan Samsung kemudian dibuktikan oleh persentase penjualan per Oktober 2020 yaitu sebanyak 23.73% dan membawa Samsung di peringkat pertama (laporan statcounter.com). Dilansir dari IDC, tipe produk smartphone Samsung yang mengalami kenaikan signifikan adalah Galaxy A series, yang bertumbuh 2% setiap tahunnya.

2. OPPO

 

Siapa nih sobat hape yang smartphone-nya OPPO? OPPO bergerak ke posisi atas dengan seri-A andalannya yang meningkatkan volume penjualan di kuartal pertama 2020. Untuk menjajarkan brandnya dengan brand lain kelas atas, OPPO meluncurkan beberapa tipe smartphone baru seperti OPPO Reno series. Hanya saja, saat ini harga penjualan keluaran terbarunya itu sedikit menyulitkan untuk dijual dalam jumlah besar di pasaran.

3.XIAOMI

 

Di Indonesia maupun tingkat global, Xiaomi telah membuktikan persaingannya dengan menduduki peringkat ketiga di seluruh kuartal tahun 2020. Direktur asosiasi lembaga Counterpoint yakni Tarun Pathak menyatakan bahwa Redmi 8A telah membawa Xiaomi kepada tingkat atas penjualan online dengan persentase pangsa 40%. Dibawahnya adalah Realme 5i kemudian Redmi Note 8.

Uniknya nih sobat hape, peningkatan penjualan yang dicapai oleh Xiaomi ternyata tak lepas dari dukungan pengguna Xiaomi di Indonesia yang semakin kuat dan banyak. Bahkan dukungan tersebut diakuisisi oleh lembaga IDC. Hingga saat ini bulan Oktober 2020, Xiaomi masih bertahan di peringkat ketiga dengan persentase 20,31% (sumber: statcounter.com)

4. VIVO

 
 
Wah, untuk Vivo kita perlu mengacungkan jempol nih sobat hape. Karena ini pertama kalinya Vivo berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia dengan menduduki peringkat teratas penjualan sepanjang kuartal pertama tahun 2020 dengan market share sebesar 27.4%. Vivo berhasil melihat potensi pasar di Indonesia yang sadar harga, kemudian menggalakkan teknik marketing juga berbagai promosi smartphone yang menargetkan pengguna kelas menengah ke bawah. Alias kita diberikan banyak penawaran harga murah, nih. Sayangnya, posisi tersebut tak dapat dipertahankan lebih lama. Pada kuartal kedua dan ketiga, Vivo kembali dibalap oleh rival-rivalnya sehingga jatuh ke peringkat keempat.

5. REALME

 
 
Realme digadang-gadang menjadi salah satu brand smartphone yang berkembang paling pesat di seluruh dunia. Bagaimana tidak, ya? Realme termasuk brand smartphone yang muda dan baru, namun telah menguasai pasar Asia termasuk Indonesia. Dilansir dari Counterpoint, Realme telah menjual sebanyak 50 juta produknya di pasaran. Di Indonesia sendiri, Realme memasuki 5 besar smartphone terlaris, mengalahkan vendor-vendor smartphone terdahulunya, bahkan mengalahkan Apple yang penjualannya terpantau datar sesuai rata-rata. Menurut laporan IDC, persentase penjualan Realme di kuartal pertama 2020 berkisar di 13%.

Nah, sobat hape, setelah mengetahui 5 vendor smartphone yang paling laris di Indonesia, sobat hape tim yang mana nih? Tetap dukung smartphone andalanmu agar mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk para penggunanya, ya.

2 komentar untuk "5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia"

Unknown 17 November 2020 02.37 Hapus Komentar
Mantap..stay at home sambil baca artikel
Unknown 29 November 2020 07.12 Hapus Komentar
Bang tolong riview laptop buat anak kuliah dongg

Berlangganan via Email