Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Komputer No Signal Detected Atau No Display

 

Hai sobat hape, pernah gak sih kalian mengalami hilang sinyal pada komputer kesayangan kalian? pasti rasa nya anjimm banget...banyak penyebab dari komputer yang mengalami hal tersebut. salah satu nya mesin komputer menyala,kipas prosesor dan fan power supply berputar namun tidak terdeteksi di monitor bahkan tidak muncul tampilan bios. namun bertuliskan no signal atau no display.

masalah ini pasti sering di temui pada komputer. terdapat banyak faktor penyebab terjadi nya masalah ini. nah berikut ini akan saya jelaskan apa penyebab komputer no signal atau no display dan cara mengatasinya.

 

 1. RAM TIDAK PRESISI (KOTOR/RISAK)









 Hal pertama yg harus sobat lakukan adalah periksa RAM pada laptop atau komputer sobat, silahkan sobat cek kondisi RAM apakah kondisi nya masih normal atau tidak?. lalu langkah selanjutnya perhatikan pada kuningan nya apakah ada debu atau kotoran yang menempel pada RAM, jika ada langsung sobat bersihkan dengan menggunakan penghapus untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada RAM. 

jika dirasa sudah bersih lanjut ke pemasangan RAM, pastikan posisi RAM harus presisi, jika pemasangan dilakukan sembarangan maka akan mempengaruhi kinerja komputer sehingga mengakibatkan sinyal hilang atau no display.


2.PROSESOR RUSAK


 

 

 

 

 

 

 Langkah selanjutya kita cek pada prosesor ya sob, peran prosesor disini sangat penting untuk komponen komputer untuk memproses dan mengelola data. jika prosesor rusak akan mengakibatkan komputer no display atau mati total. maka dari itu cek kondisi prosesor nya apakah mengalami kerusakan atau kemasukan debu, lalu bersihkan bagian prosesor nya.

jika prosesor mengalami konslet atau short sobat bisa mengecek masih normal atau tidak sobat bisa lakukan cara berikut ini :

1. lepaskan fan prosesor

2. lalu hidupkan komputer anda dan tunggu sampai 5 menit.

3. setelah 5 menit anda sentuh pada bagian permukaan prosesor, jika prosesor panas maka prosesor bekerja dengan normal.


3. POWER SUPPLY LEMAH


 

 

 

 

 

 

 

 

 bagian penting lainnya terletak pada power supply ya sob, karena power supply ini memiliki peranan penting dalam komponen komputer untuk meyuplai dan memberikan daya pada komputer. jika power supply pada komputer sobat lemah, kemungkinan komputer akan kekurangan daya untuk menampilkan data pada bios ke monitor. 

untuk mengecek power supply apakah komputer mengalami no display yang berasal dari power supply adalah dengan cara menggunakan power supply lain. jika kopmputer normal maka kerrusakan nya ada pada power supply karna daya yg di berikan power supply lemah.


4. BATTRE CMOS BERMASALAH


 

 

 

 

 

 Langkah selanjutnya kita cek pada bagian battrey CMOS yang berfungsi seperti RAM, namun fungsi nya simpel hanya menyimpan data tanggal dan waktu pada komputer. untuk mengatasi komputer no display yang di akibatkan karena battrei CMOS maka cara nya copot battrey menggunakan obeng dari matherboard.

lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit untuk mereset battrey CMOS. setelah itu pasangkan kembali dan lihat hasil nya apakah normal lagi atau tidak, jika hasil nya tetap sama saja berarti battrey CMOS hatus di ganti yg baru.


5. MOTHERBOARD RUSAK/KOTOR


 

 

 

 

 

 

 

 Jika cara diatas menurut sobat kurang efesien,bisa jadi penyebab komputer no display adalah pada bagian motherboard yang dikarenakan sudah rusak ataupun kemasukan debu. maka silahkan sobat cek pada bagian motherboard sobat ya, jika dirasa kotor maka bisa sobat bersihka dengan menggunakan sikat gigi atau kuas yg lembut.

lalu jangan lupa untuk mengecek kondisi pin atau resitor,dioda,dan komponen lainnya. apakah ada tanda terbakar  yang menjadika nya short atau konslet. 


6. PORT VGA TIDAK BERFUNGSI


 

 

 

 

 

 

 

 

 Cek juga pada bagian port vga nya ya sob, karna masalah seperti ini sering terjadi, dimana bagian VGA port nya bermasalah sehingga tidak dapat menampilkan data dilayar. jika sobat menggunakan VGA onboard atau yang sudah terpasang di komputer, sobat bisa menggantiya dengan VGA eksternal atau VGA card.


7. MONITOR BERMASALAH


 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana bisa menyala kalau monitor nya yg bermasalah maka dari itu cek juga pada bagian monitor nya ya sob. atau jika sobat mempunyai 2 monitor sobat bisa mencoba untuk mengganti monitor nya. jika masih tidak ada tampilan di layar monitor dan masih bertuliska no signal maka kermungkinan kerusakan terjadi pada laptop sobat.


Jadi kesimpulannya komputer yang mengalami no display atau no signal bisa disebabkan karna banyak hal. namun sebagian besar kerusakan nya disebabkan oleh komputer itu sendiri. sobat bisa memperbaiki nya di tempat servis atau sobat bisa lakukan cara diatas.

1 comment for "Cara Mengatasi Komputer No Signal Detected Atau No Display"

Unknown 25 December 2020 at 22:12 Delete Comment
Sangat membantu min

Berlangganan via Email