Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri (Semua Tipe HP Android)

 


Hapeindo.id - HP yang sering mati dan hidup sendiri bahkan restart sendiri memang banyak yang mengalami termasuk saya sendiri. masalah ini disebabkan karena HP kehabisan batterai, HP lama tidak dimatikan dan bahkan bisa jadi komponen pada HP rusak. sampai akhirnya mengakibatkan batterai menjadi kembung. 
 
namun ada solusi untuk mengatasi semua masalah tersebut, dengan melakukan cara berikut ini. 
 

Cara Mengatasi HP Mati/Hidup Sendiri (Semua Tipe HP Android)

1. Cek Kondisi Batterai

Hal pertama yang harus sobat lakukan ialah mengecek kondisi batterai, apakah batterai sudah mengalami kebocoran/batterai mengembung. karena jika batterai sudah kembung maka daya yang di keluarkan pada batterai itu sudah tidak normal. bisa jadi itu penyebab HP sobat mengalami Hidup/mati sendiri.
 

2. Penggunaan HP Yang Terlalu Panas (Overheat)

Penggunaan HP yang terlalu berlebihan itu tidak baik sob, karena selain merusak kinerja otak kita juga dapat menyebabkan HP menjadi panas dan akhirnya mati. hal yang menyebabkan HP cepat panas adalah sering nya kita bermain game terlalu lama,menonton youtube sampai lupa waktu, dan bermain HP sambil di cas. jika hal ini terus sobat lakukan bisa saya pastikan HP sobat akan cepat rusak. 

cara menangani nya adalah kurangi penggunaan HP yang terlalu lama, jangan bermain HP saat di cas baik itu bermain game,menonton youtube, ataupun hal lain yang mengakibatkan HP menjadi panas. 


3. ROM Rusak

ROM atau lebih dikenal dengan Firmware adalah bagian komponen hp yang bekerja sebagai pengendali sistem pada HP. ROM sendiri bekerjasama dengan karnel untuk mengoperasikan smartphone. penyebab ROM eror disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

  • Memodifikasi Tampilan
  • Memasang CWM
  • Merubah Costum ROM 
 
Jangan sesekali sobat merubah ROM yang sudah ditetapkan oleh perusahaan HP tersebut. jika sobat terlanjur mengganti ROM nya maka saran kami untuk mengembalikan ke ROM awal. 


4. Tak Pernah Update Versi Terbaru

HP yang jarang di update baik dari segi sistem dan aplikasinya. bisa saja berdampak buruk bagi perangkat lain. seperti sistem yang kurang optimal.

jika hal ini tidak sobat lakukan, akan membuat HP menjadi mati/hidup sendiri. untuk solusi nya silahkan sobat lakukan update sistem android kamu ke versi yang terbaru. dengan cara masuk ke Setelan/pengaturan, tentang Telepon, Update.
 

5. Terdeteksi Virus Malware

Tak hanya laptop atau perangkat lain yang bisa terkena virus, bahkan HP juga bisa terkena virus. penyebab HP kita terkena virus karena kita sembarangan mendwonload file yang kita tidak tau apakah itu ada virus atau tidak. sifat virus pun beragam, ada yang merusak sistem HP, ada yang berbentuk iklan yang muncul di HP,bahkan ada virus yang membuat HP kita bisa mati/hidup sendiri. 

untuk mengatasi hal ini langkah pertama pindahkan data penting ke memory, kemudian install HP atau Setel ke pengaturan pabrik, dan jika sudah di backup data kemudian sudah melakukan install. langkah selanjutnya masukkkan data dari memory kita ke HP. dan pastikan tidak ada virus yang menempel di memory.


Kesimpulan dan Penutup

HP yang sering mati/hidup sendiri paling banyak di akibatkan oleh penggunaan HP yang terlalu panas. tips dari hapeindo.id jagalah HP mu terutama pada saat menggunakan HP. kurangi penggunaan HP mu dan sayangi lah kedua orang tua mu. karena mereka lebih berarti dari pada apapun. 

jangan lupa berlangganan artikel kami secara gratis dengan cara masukkan email sobat di bawah ini ya, , see you next time

Post a comment for "5 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri (Semua Tipe HP Android)"

Berlangganan via Email